Keyboard QWERTY Dirancang untuk Mengetik Lebih Lambat

Jumabatu.com – Tahukah anda bahwa pada awalnya keyboard QWERTY dirancang untuk memaksa orang mengetik agar lebih lambat? Ya, benar, rancangan ini digunakan agar orang yang mengetik bisa lebih lambat. Disebut keyboard QWERTY karena tombol Q, W, E, R, T dan Y pada baris paling atas dari keyboard tersebut.

Pada awal mesin ketik diciptakan oleh Christoper Scholes sekitar tahun 1868, dengan susunan tombol yang tidak menggunakan urutan QWERTY. Masalah timbul ketika orang yang mengetik dengan sangat cepat, sehingga mesin tik ini tidak mampu mengimbanginya, dan sering kali batang-batang huruf ini saling bertabrakan/berkait yang ujung-ujungnya menyebabkan kerusakan pada mesin ini. Sehingga dicari cara untuk mengacak-acak urutan tombol ini, sehingga orang tidak akan mengetik terlalu cepat tapi masih cukup efektif.

Hingga akhirnya badan-badan standarisasi internasional menggunakan urutan tombol QWERTY ini sebagai standar dasar keyboard dan mesin tik yang dipakai hingga saat ini. Meskipun ada beberapa jenis keyboard yang menggunakan standar yang berbeda di beberapa negara, namun pada umumnya keyboard di dunia menggunakan kombinasi tombol huruf QWERTY ini.

Beri Komentar