Tips Menghemat Batre Blackberry

Bila anda pengguna smartphone Blackberry, mungkin anda juga termasuk salah satu orang yang selama ini mengeluh tentang kondisi batre blackberry yang cepat sekali habis. Kondisi yang sangat mengganggu bila anda tidak setiap saat berada diruangan yang tersedia piranti untuk men-charge smartphone anda tersebut. Pastinya akan sangat menganggu bila kehabisan batre dan disaat yang sama harus terkoneksi secara online melalui piranti smartphone tersebut.
Berikut beberapa tips yang sangat berguna untuk bisa menghemat konsumsi batre pada smartphone Blackberry.

Salah satu penyebab cepatnya habis batre di smartphone Blackberry adalah banyaknya aplikasi yang diinstal, terkoneksi dengan internet dan secara rutin mengupdate/download data dari internet. Aplikasi ini terutama adalah aplikasi media sosial seperti Twitter, Facebook, dll. Aplikasi ini secara rutin akan mendownload/update data dari internet dalam selang waktu tertentu. Selang waktu yang semakin kecil, artinya semakin sering aplikasi tersebut melakukan update, dan semakin cepat batre akan habis.
Berikut beberapa contoh setting untuk media sosial yang biasa diinstall dalam smartphone Blackberry:
UberSocial:
Dari halaman depan aplikasi UberSocial, klik menu dan pilih Options. Klik Next sebanyak 12X sampai layar menunjukkan seperti gambar disamping.
Pilih rentang waktu refresh/update yang diinginkan pada pilihan “Timeline Refresh Delay”, semakin kecil maka semakin cepat batre habis, dan berlaku kebalikannya. Pilih sesuai dengan kebutuhan anda, bila tidak terlalu penting untuk mendapatkan update yang cepat dari account twitter anda, settingan interval waktu refresh/update bisa dipilih 1 atau 2 jam.
Twitter for Blackberry :
Seperti halnya UberSocial, kita bisa mengatur waktu update/refresh untuk aplikasi Twitter for Blackberry.
Dari halaman depan aplikasi Twitter, tekan Menu, dan pilih Options.
Pada tampilan Options, ubah pilihan pada “Refresh Tweets Every” menjadi 1 atau 2 jam, sesuai dengan kebutuhan.
Facebook for Blackberry:
Seperti halnya untuk aplikasi Twitter dan UberSocial, settingan interval waktu refresh/update yang lebih besar/lama dari media sosial Facebook juga dapat membantu menghemat penggunaan batre pada smartphone Blackberry.
Dari halaman depan aplikasi Facebook, tekan menu Options. Pada tampilan layar Options, ada pilihan menu “Check for new Feeds”, pilih angka yang lebih besar dari pilihan default untuk menghemat penggunaan batre.
Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba…

Satu Komentar terhadap “Tips Menghemat Batre Blackberry”

  1. Shinta says:

    Mantap artikelnya… Sangat bermanfaat….

Beri Komentar