Paste Special pada software EXCEL

Sekali lagi bisa ditunjukkan bahwa software spreadsheet Excel adalah software yang special, satu hal lain bisa digunakan sebagai referensi bahwa software ini spesial adalah kemampuannya dalam perintah Copy-Paste yang bervariasi. Seperti judul, Excel memiliki piranti Paste Special yang membuatnya beda dengan software lain. Tidak seperti software lain yang mana ketika kita melakukan copy terhadap tulisan atau elemen lain, maka tulisan atau elemen yang dicopy tersebut disimpan dalam Clipboard, dan akan tersimpan selama komputer hidup atau sampai ada perintah copy lain yang menggantikannya.

Excel berbeda, ketika kita melakukan copy terhadap area atau cell maka range atau cell tersebut berubah mode menjadi Select Cut Copy Menu, proses Paste bisa dilakukan selama mode Cut Copy Menu tersebut masih aktif, sayangnya mode ini akan non aktif kalau kita melakukan edit cell atau proses lain. Jadi intinya, sesudah kita copy satu cell atau area harus langsung dipaste, tidak boleh ada perintah lain misalnya menghapus cell.

Tapi disini kita akan membahas tentang perintah Paste Special pada Excel. Lihat contoh gambar dibawah:

I. Ini area original data yang akan di copy, blok area B2:B8, dan Copy, atau gunakan perintah Ctrl+C, atau letakkan mouse diatas area blok dan klik kanan, pilih Copy

II. Klik cell D2, dan Paste, atau Klik kanan pada D2, dan pilih Paste atau tekan Ctrl+V

III. Klik F2, Klik kanan dan pilih Paste Special, dan pilih option Paste Format. Maka pada area F2:F8 akan dihasilkan area berlatar belakang kuning dan border garis, tapi tanpa tulisan. Karena perintah ini hanya akan mem-paste format cell asal saja.

IV. Lakukan yang sama dengan langkah III, tapi kali ini pilih pilihan paste Values. Maka hasil paste hanya akan berisi angka tanpa format warna latar dan border.

V. Lakukan juga hal yang sama dengan langkah III, tapi kali ini klik pilihan Transpore seperti gambar dibawah, maka akan diperoleh hasil paste seperti yang ditunjukkan pada area J2:P2 pada gambar paling atas.

Jadi dengan perintah Paste Special Transpose, dimensi area yang dicopy (B2:B8, 7baris, 1kolom) ketika dipaste special Transpose, hasilnya menjadi (J2:P2, 7 kolom, 1 baris)

Untuk selanjutnya silahkan berkreasi menggunakan berbagai jenis variasi perintah Paste Special seperti yang ditunjukkan pada semua gambar diatas.

Selamat mencoba…

Beri Komentar