Macro: Perintah SELECT CASE

Perintah SELECT CASE adalah salah satu syntax yang digunakan dalam bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA) atau lebih banyak dikenal dengan sebutan Macro. Perintah atau syntax ini sebenarnya memiliki peran yang hampir sama dengan perintah If-Then, namun dalam beberapa kasus sedikit berbeda atau kadang tergantung selera dari programmer lebih memilih menggunakan Select Case atau perintah If-Then. Oh iya, seperti biasa bila anda tiba-tiba berada dihalaman ini dan belum tahu apa yang disebut dengan Macro atau VBA, sebaiknya terlebih dahulu membaca posting tentang “Membuat Aplikasi pada Excel“.

Bentuk dasar penulisan perintah Select Case adalah:

Select Case Variable
     Case i
         ‘perintah kondisi i
     Case j
         ‘perintah kondisi j
      Case Else
         ‘perintah kondisi else
End Select
Dari contoh kode diatas, macro akan menjalankan perintah sesuai kondisi dari Variable, bila nilai Variable sama dengan i, maka perintah kondisi i yang akan dijalankan, begitu juga bila Variable memiliki nilai j, maka akan dijalankan perintah kondisi j.
Bila diperlihatkan dalam bentuk contoh real:
Sub Say_Hello()
Nama = “Bagus”
Select Case Nama
  Case “Andi”
     MsgBox “Halo Andi!”
  Case “Bagus”
    MsgBox “Halo Bagus!”
  Case Else
    MsgBox “Tidak Ada Nama!”
End Select
End Sub
Bila dijalankan, seharusnya menghasilnya MsgBox yang bertuliskan “Halo Bagus!”
Yup, perintah ini sangat simple dan sangat banyak kesamaannya dengan perintah If-Then,  jadi tidak akan kita bahas secara panjang lebar. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang sedang belajar Macro.

Beri Komentar