Konversi File Excel dan Powerpoint Menjadi PDF

Format file presentasi yang menarik, dilengkapi tampilan grafis yang interaktif menjadi salah satu nilai tambah diluar kualitas isi dari presentasi tersebut. Tapi sayang, format presentasi tersebut tentunya menyebabkan ukuran file menjadi sangat besar, atau pemilihan jenis font yang tidak umum dapat menyebabkan presentasi jadi rusak ketika ditampilkan pada komputer yang berbeda. Ukuran file yang terlalu besar bisa menyebabkan kesulitan bila harus dikirim lewat email, karena adanya batasan ukuran attachment dalam server email.

Masalah diatas sebenarnya bisa diatasi dengan mengkonversi file presentasi menjadi PDF, sayangnya Microsoft Office tidak menyediakan aplikasi ini dalam paket softwarenya. Tapi kita bisa mendapatkan software jenis ini secara gratis freeware, atau shareware yang menawarkan masa percobaan penggunaan software. Software yang bisa digunakan untuk meng-konversi file Microsoft Powerpoint, Excel, dan Word biasa disebut PDF Creator.
 
PDF Creator adalah sejenis piranti adds-on atau plugins yang bila diinstal akan menambahkan menu pada aplikasi Microsoft Office, dan cara penggunaanya cukup buka file documen yang akan dikonversi melalui software Office yang sesuai, misalnya Powerpoint. Klik tombol/menu PDF Creator dan ikuti petunjuk selanjutnya.
Keunggulan mengkonversi file menjadi PDF, ukuran file menjadi lebih kecil, tampilan dokumen menjadi readonly, dan tampilan tidak berubah walau dibuka pada komputer yang berbeda. Tapi sayangnya, file PDF tidak mendukung format interaktif seperti pada file Powerpoint.
Gambar diatas adalah tampilan hasil Searching melalui situs download.cnet.com dengan kata kunci PDF Creator. Banyak software PDF Creator gratis yang disediakan di Internet, meskipun software gratis kadang memiliki beberapa keterbatasan.

Beri Komentar