Format Cell Otomatis Menggunakan "Conditional Formatting"

Conditional Formatting adalah salah satu fitur format otomatis Excel yang dapat digunakan untuk mengubah format cell dalam Excel sesuai aturan yang kita tentukan sendiri. Misalnya kita akan membuat semua cell yang nilainya kurang dari Nol (bernilai negatif) warna latarnya merah, atau semua cell yang nilainya diatas Nol (bernilai positif) warna latarnya biru. Atau bisa dilihat dari contoh tabel dibawah, tabel prestasi kerja karyawan, dimana ditentukan nilai PA (Personal Appraisal) >3 adalah karyawan berprestasi (bagus) diberi warna biru, nilai 3 adalah karyawan dengan predikat standar/normal, diberi warna hijau, dan merah untuk nilai PA <3, diberi warna merah.

Untuk membuat format otomatis seperti contoh diatas, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:
Buat contoh tabel seperti contoh diatas, tapi untuk kolom D (Nilai PA) jangan diberi warna, kolom ini akan kita beri warna menggunakan Conditional Formatting. Kita tentukan aturan seperti contoh, bahwa nilai diatas 3 akan diberi warna biru, nilai 3 diberi warna hijau, dan angka dibawah 3 akan diberi warna merah (pink)

Blok/highlight area kolom D mulai dari bari 4 sampai 13 (D4:D13), dan pilih menu FormatConditional Formatting…

Dan akan muncul menu baru seperti ini:

Kita mulai menentukan warna untuk cell yang bernilai > 3. Ganti pilihan Between menjadi Greater Than, dan pada kolom isian disampingnya isi dengan angka 3. Sekarang klik tombol Format… dan akan muncul menu baru seperti ini:

Pilih tab Pattern, dan pilih cell shading warna biru. Kita bisa memilih tab Font atau Border untuk mengubah settingan font atau border, tapi dalam kasus ini kita hanya mengubah warna latar saja. Klik Ok.
Dan akan kembali ke menu sebelumnya yang sudah berubah seperti ini:

Selesai untuk settingan pertama, dengan settingan seperti ini, maka semua cell yang bernilai lebih dari 3 akan berganti warna latar menjadi biru. Tapi kita butuh juga mengubah cell yang bernilai 3 warna latarnya menjadi hijau, untuk menambah kondisi ini klik tombol Add>>,  ganti pilihan Between menjadi Equal To dan isi kolom disebelahnya dengan angka 3, klik tombol Format, dan pilih warna latarnya hijau, dan klik.
Lakukan lagi hal yang sama, tapi kali ini ganti pilihan Between menjadi Less Than, dan kolom disebelahnya diberi nilai 3, klik lagi tombol Format dan ganti warna latar menjadi merah (pink)
Maka seharusnya tampilan akhirnya akan menjadi seperti ini :
Klik tombol OK, maka Conditional Formatting sudah selesai dibuat. Dan seharusnya tampilan tabel anda sama seperti contoh gambar yang ditampilkan dibagian awal dari posting ini.
Kelemahan dari fitur ini adalah hanya bisa digunakan untuk 3 kondisi seperti contoh diatas.
Selamat mencoba…

Beri Komentar