Tips Untuk Meningkatkan Performa Komputer

Performa atau kecepatan komputer menjadi salah satu isu yang sangat esential bagi pengguna PC saat ini. Banyak pengguna komputer selalu mengeluh tentang performa atau kecepatan komputernya yang semakin lama semakin lambat, bahkan mereka telah meluangkan lebih banyak dana untuk membeli spesifikasi yang lebih tinggi dengan harapan akan mendapat performa dan kecepatan yang tinggi dari komputernya.

Disini saya akan mencoba sedikit berbagi tips bagaimana mengoptimalkan performa komputer.

Pilihan terhadap Sistem Operasi

Memilih sistem operasi menjadi hal yang sangat penting dalam hal menjaga kecepatan komputer, pada logikanya semakin baru sistem operasi, maka semakin berat beban komputer untuk dapat menjalankannya, inilah sebabnya semakin baru sistem operasi, biasanya semakin tinggi spesifikasi komputer yang direkomendasikan oleh produsennya.

Urutan sistem operasi Windows dimulai dari terbaru, Windows 7 > Windows Vista > Windows XP > Windows 2000 > Windows Me > Windows 98. Dari urutan ini, tentu saja yang paling ringan adalah Windows 98. Pada saat anda memiliki spesifikasi komputer yang masih rendah seperti Pentium III dan dengan RAM yang tidak lebih dari 256 MB, sebaiknya gunakan saja sistem operasi Windows 98. Karena ketika anda mencoba untuk menggunakan sistem Operasi Windows XP dalam komputer ini, tentu saja anda akan butuh banyak beribadah, ya beribadah, karena pastinya butuh banyak kesabaran dalam menjalankan sistem operasi ini pada komputer anda.

Partisi Harddisk

Sistem operasi yang dijalankan pada Hard Disk yang berukuran besar tentunya membutuhkan lebih banyak tenaga komputer untuk dapat mencari dan menginisiasi isi hard disk ini pada saat booting, baik ketika mencari booting sector, atau lainnya. Itulah maka biasanya hard disk dipartisi dan memberikan ukuran yang tidak terlalu besar pada drive yang berisi file sistem operasi, biasanya 5-20 GByte. Dan untuk keseluruhan data yang tidak berhubungan dengan sistem operasi disimpan dalam drive yang berbeda.

Ukuran drive sistem yang lebih kecil tentunya mengurangi waktu scan anti virus yang secara otomatis akan melakukan scan pada saat menyalakan sistem. Juga pada saat defrag, tentunya tidak butuh waktu yang lebih lama bila dijalankan pada dirve yang berukuran lebih kecil.

Defrag Komputer

Proses menyimpan file, menghapus, atau meng-copy file menyebabkan struktur penyimpanan data dalam hard disk menjadi tidak teratur. Alokasi penempatan data yang berserakan menyebabkan komputer butuh lebih banyak waktu ketika mengakses file, dan untuk mengatasi ini bisa digunakan fasilitas Defrag yang ada dalam sistem operasi. Penjelasan lebih lengkap tentang Defrag komputer bisa dilihat dalam postingan ini “Cara Defrag Komputer, dan Seberapa Sering Butuh Defrag Komputer

Instal Ulang Sistem Operasi

Meskipun cukup riskan, tapi cara ini adalah salah satu solusi yang cukup baik untuk dapat meningkatkan kecepatan komputer. Coba bandingkan pada saat komputer baru diinstal, pastinya kecepatannya masih jauh lebih baik daripada ketika dipakai beberapa bulan kemudian.

Hal ini disebabkan penambahan fragmentasi, peningkatan entri pada registri, bertambahnya file-file template, dan juga kemungkinan adanya virus atau adware yang mejangkiti komputer. Untuk panduan dalam penangan registri baca diposting ini “Mengubah Registry Secara Manual

Aplikasi Yang Terinstal

Semakin banyak aplikasi yang terinstal dalam komputer, maka semakin besar juga beban yang harus ditanggung sistem operasi untuk bekerja. Sehingga ini akan mengurangi kecepatan komputer secara signifikan. Ditambah seringnya install dan uninstall aplikasi menyebabkan beban registri juga bertambah.

Belum lagi bila setiap aplikasi tersebut menitipkan loading startup yang banyak menyita tenaga sistem untuk berjalan. Saran saya, hindari atau hilangkan aplikasi yang jarang atau tidak pernah dipakai, dan kurangi program-program startup auto loading, karena banyak aplikasi yang dijalankan secara otomatis ketika sistem operasi mulai dijalankan. Hilangkan aplikasi startup yang tidak dibutuhkan, tapi hati-hati, ada beberapa juga yang memang dibutuhkan misalnya Antivirus. Untuk menghilangkan autorun pada saat startup sistem operasi, masuk ke tombol Start > Run dan ketik “msconfig”, pilih tab Startup, dan hilangkan aplikasi yang tidak penting.

File Sampah atau Template

Rajin-rajin menghapus file template dan history yang tidak diperlukan, misalnya file yang ada pada “C:\Documents and Settings\Administrator\Local Settings\Temp\“. History dan cache dari Browser juga bisa dibersihkan untuk mengurangi beban memory.

Tampilan Desktop Minimalis

Tampilan desktop yang minimalis tentunya akan memberi beban memory yang lebih sedikit daripada memilih untuk tampilan yang maksimal dengan menu-menu atraktif.

Langkah untuk membuat Windows XP dalam tampilan yang minimalis. Masuk ke Windows Explorer (atau tekan tombol Windows + E), klik kanan pada icon My Computer, dan pilih Properties.

Pilih Tab Advanced, dan klik tombol Setting pada frame Performance. Muncul menu Performance Options, dan pada tab Visual Effects ada 4 pilihan, pilih Adjust for best performance. OK.

Pilihan ini akan membuat desktop tampil dalam menu yang minimalis, dan pastinya sedikit akan membantu dalam hal kecepatan karena settingan ini mengurangi beban sistem dalam hal tampilan.

Sekian saja, dan semoga bermanfaat.

Beri Komentar