Bad Sector Pada Hard Disk

Kita tahu bahwa Bad Sector pada hard disk adalah bagian atau track pada hard disk yang tidak memungkin untuk menyimpan data atau file. Bad Sector dapat menyebabkan akibat yang fatal pada sistem dan kadang-kadang bisa menyebar kepada track atau sector yang lain dalam hard disk. Dan ujung-ujungnya umur dari hard disk menjadi lebih singkat.

Banyak hal yang dapat menjadi penyebab terjadinya bad sector pada hard disk. Sayangnya semua penyebab dari bad sector ini berasal dari penggunaan sehari-hari pengguna komputer yang kurang memperhatikan kesehatan dari hard disk tersebut.

Penyebab pertama adalah aliran listrik yang putus secara tiba-tiba, apalagi ketika hard disk sedang bekerja dan tiba-tiba aliran arus listrik mati sehingga memaksa head dari hard disk ini kembali ketempat semula, sehingga besar kemungkinan terjadi pergesekan head dengan piringan dalam hard disk.

Debu juga dapat menjadi penyebab terjadinya bad sector dalam hard disk, sebaiknya jagakebersihan dari komputer anda. Meskipun sekarang ini Hard Disk sudah dilengkapi dengan piranti yang dapat menahan goncangan atau benturan, namun sebaiknya tetap menjaga dan mengurangi goncangan yang mungkin terjadi terhadap Hard Disk. Lebih berhati-hati dalam memindahkan komputer atau ketika melakukan perawatan dijaga agar tidak terjadi goncangan terhadap hard disk, dan pastikan hard disk di kunci dengan mur yang kokoh pada casing komputer.

Ketika sedang beroperasi, jauhkan Sirkuit Hard Disk dari sentuhan manusia untuk menghindari efek Eletrostatik yang memungkinkan untuk membuat hard disk anda mengalami bad sector.

Meskipun tidak ada korelasi dengan bad sector, sebaiknya hard disk anda secara rutin dibersihkan dari file-file temporary dan juga rajin melakukan defrag pada hard disk anda. Baca lebih lengkap tentang defrag hard disk disini.

Intinya, untuk menghindari bad sector pada hard disk anda, sebaiknya hindari aspek-aspek penyebabnya seperti yang sudah disebutkan diatas.

Beri Komentar