Mencegah Penyebaran Virus dalam Komputer

Ada beberapa cara yang mudah untuk dapat menghindari komputer anda jadi korban penyebaran virus. Beberapa langkah sederhana ini mungkin berguna.
Mengawasi Email

Jangan membuka email dari sumber yang tidak anda kenal, apalagi kalau e-mail tersebut memiliki attachment. Saat ini virus semakin banyak menyebar dengan perantaraan e-mail. Bahkan bila antivirus anda tidak memberi reaksi terhadap email yang masuk tersebut, sebaiknya tidak perlu dibuka. Bila memang anda sedang menunggu e-mail tersebut, sebaiknya di scan terlebih dahulu menggunakan antivirus yang sudah diupdate.

Lakukan settingan scan otomatis pada software antivirus untuk mengecek attachment dari setiap email yang masuk. Walaupun e-mail datang dari orang yang anda kenal. Virus dapat menunggangi email masuk seakan-akan datang dari orang yang anda kenal.
Matikan settingan “Automatic Preview” pada program e-mail anda, karna fitur ini sama saja dengan membuka e-mail. Dengan menghilangkan fitur “Automatic Preview”, anda memiliki kesempatan untuk scan sebelum membaca e-mail tersebut.
Jangan Menggunakan Floopy Disk

Floopy Disk adalah salah satu media paling sering digunakan virus untuk menyebar, berpikir dua kali bila anda ingin melakukan booting menggunakan Floopy Disk.
Hindari penggunaan Flash Disk secara Bergantian
Seperti halnya Floopy Disk, Flash Disk juga menjadi sarana favorit virus untuk menyebar. Hindari penggunaan Flash Disk yang telah digunakan pada beberapa komputer yang berbeda. Scan dengan antivirus terbaru bila memang harus menggunakan Flash Disk, memang merepotkan, tapi lebih repot lagi bisa Virus sudah merambat kedalam PC atau Laptop Anda.

Surfing Website

Level Security web browser ditetapkan pada High Security Level. Lagi-lagi ini sedikit merepotkan karena setiap kali mengunjungi website, anda akan mendapat peringatan, tapi inilah cara terbaik untuk melindungi komputer anda, terutama bila menggunakan Internet Explorer dan Outlook.
Jangan mendownload program atau file dari internet, terutama dari situs yang kurang meyakinkan, seperti Newsgroup, atau Forum yang belum anda kenal. Anda tidak pernah tahu kalau banyak virus yang beredar pada situs ini, dan sedang menunggu user seperti anda sebagai media untuk menyebar. File yang didownload dapat berupa Freeware, Screensaver, Game, Wallpaper, atau Executable file yang memiliki ekstensi  “.exe” atau “.com”. Pastikan anda mendownload dari situs yang melakukan scan antivirus pada setiap file yang ditawarkan untuk didownload.  Tidak ada salahnya bila file yang sudah didownload discan kembali dengan software antivirus terbaru sebelum anda berencana menggunakan/membukanya.
Membersihkan Virus  dari Komputer
Gunakan software antivirus untuk melakukan Full System Scan terhadap PC anda, bila menemukan virus dan berhasil dihilangkan, jangan segan untuk melakukan full scan lagi setelah anda restart komputer untuk memastikan bahwa virus tersebut benar-benar telah hilang dari PC anda. Gunakan software AntiVirus yang terpercaya, dan secara rutin mengupdate virus definition, untuk memastikan bahwa software antivirus anda sudah mengenal jenis-jenis virus yang terbaru. Karena setiap hari muncul banyak sekali jenis virus yang baru, tentu anda tidak berharap bahwa anda menjadi korban pertama mereka.
Setiap software antivirus memiliki perangkat Removal Tools, software kecil yang berguna untuk mendeteksi dan menghapus virus dari komputer anda, anda akan butuh ini pada saat sebelum menginstall software AntiVirus.
Gunakan Software Antivirus yang Terpercaya

Perlindungan utama terhadap serangan virus tentunya adalah software Antivirus, gunakan software antivirus yang terpercaya. Salah satu keunggulan software antivirus komersial adalah anda dapat setiap saat mendapat update terhadap definisi virus yang terbaru. Software antivirus saat ini yang banyak digunakan adalah Kaspersky, Norton AntiVirus, PC Cillin, AVG, Bitdefender, dll. Pastikan software antivirus anda otomatis dijalankan pada setiap kali menghidupkan komputer / Start-Up.
Perawatan Rutin
Lakukan backup data secara reguler, anda tidak pernah tahu kapan anda akan diserang virus yang dapat menghancurkan seluruh data anda. Jadikan sebuah kebiasaan untuk membackup data paling tidak sekali dalam satu bulan.
Aktifkan Firewall
Bila PC anda terhubung dengan Internet, aktifkanlah piranti Firewall. Firewall adalah program yang berguna untuk mencegah koneksi langsung kepada PC anda dari luar. Windows memiliki firewall yang sudah terinstall pada saat anda menginstall sistem operasi Windows, tidak ada salahnya bila menggunakan software firewall lain.


Sumber: Diolah dari berbagai sumber

Beri Komentar