Alasan Mengapa Komputer Lambat

Jika merasa bahwa PC anda lambat, Anda tidak lagi harus pergi mencari dukungan teknis seseorang untuk memperbaikinya. Dengan sedikit bimbingan, sekarang Anda dapat menyingkirkan masalah paling PC Anda sendiri. Ada beberapa alasan umum mengapa PC anda lambat.

Prosesor kepanasan
Prosesor modern menghasilkan lebih banyak panas dan ketika suhu naik di atas tingkat yang ditentukan melalui BIOS, dapat menjadi alasan mengapa PC Anda lambat. Membersihkan kipas PC Anda dapat membantu. Anda juga harus memeriksa mesin kipas untuk melihat apakah ada bantalan yang longgar. Setting BIOS tingkat suhu yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan angka satu bisa membantu ketika PC anda lambat.

RAM / Memory tidak Kompatibel
RAM yang diinstal tidak kompatibel dengan PC atau lebih lambat daripada tingkat optimal yang ditentukan dalam mesin, bisa menjadi alasan mengapa PC Anda berjalan lambat. PC lambat juga merupakan tanda cacat chip RAM, sehingga Anda seharusnya memeriksa apakah RAM ini berasal dari produsen yang terpercaya. Gunakan Ekstra fan/kipas untuk membantu mendinginkan RAM.

Kerusakan Hard disk
Waktu akses lambat, tidak teratur dan kemunculan layar biru pada monitor anda adalah tanda-tanda yang pasti tentang hard disk yang gagal, yang dapat menjadi alasan mengapa PC Anda lambat. Anda harus menjalankan utilitas Check Disk / Error Check (Klik kanan pada icon hard disk > Properties > Tools) atau gunakan Disk Defragmenter yang disediakan dengan Windows. Error Check akan mencoba untuk memperbaiki sektor yang rusak, sementara Defragmenter akan melewatkan bad sector dan mengatur fragmentasi file Anda dengan tepat. Klik disini untuk cara Defrag Komputer

Pengaturan BIOS yang tidak kompatibel
Jika setting BIOS komputer berbeda dengan yang direkomendasikan konfigurasi yang optimal, dapat menjadi penyebab utama mengapa PC Anda lambat. Jalankan pencarian online dengan nama motherboard anda untuk mencari tahu apa pengaturan yang sesuai.

Banyaknya Windows Services yang Dijalankan
Sistem Windows tidak membutuhkan sebagian besar aplikasi yang berjalan pada saat start-up. Tapi, karena aplikasi ini diaktifkan secara otomatis, hal itu dapat mempengaruhi kinerja sistem anda, pada gilirannya menjadi penyebab mengapa PC Anda lambat. Klik kanan pada My Computer > Manage > Service and Application. Anda dapat menggunakan tombol Disable untuk menghentikan layanan yang tidak perlu. Atau jalankan perintah MSCONFIG pada menu RUN (Start > Run), pilih tab Startup. Hilangkan aplikasi startup yang tidak penting.

Hard Disk Penuh
Setiap kali Anda menambah, memodifikasi atau menghapus file dalam komputer, hard disk menyimpan isi file dengan cara yang tidak terorganisir. Jika PC anda lambat, maka Anda akan perlu menjalankan defragmentasi hard disk untuk mencapai kinerja yang optimal. Defragmentasi akan mengatur semua potongan-potongan memori yang berserakan sesuai dengan relevansinya, yang berarti, data milik salah satu file tersebut akan terletak berdekatan satu sama lain, tidak tersebar diseluruh hard disk. Klik disini untuk cara Defrag Komputer

Registry yang tidak rapi juga bisa menjadi alasan mengapa PC Anda lambat. Untuk menghindari masalah dengan Windows Registry, gunakan software untuk merapikannya, seperti RegCure, untuk memindai, memperbaiki dan mengoptimalkan Registry PC Anda untuk mendapatkan performa puncaknya.

Sumber: diolah dari berbagai sumber

2 Komentar terhadap “Alasan Mengapa Komputer Lambat”

  1. Afandi -Membantu memasarkan Busana Muslimah Cantik says:

    Iya nih, komputerku yang satu itu, sering lambat.
    memang sih karena spesifikasinya tidak sebagus yang aku pakai untuk nulis komentar ini.
    Ya, jadinya jarang di pakai deh…
    sudah di coba di defrag, masih lambat juga.
    ya.. mungkin perlu tambah RAM kali ya, masak harus ganti prosesor, :) :)
    Terima kasih infonya ya, berguna sekali untuk ku.

  2. Nata.Sembiring says:

    Sama-sama…

Beri Komentar